Jumat, 13 November 2015

REVIEW DAN ANALISA TOKO ONLINE BLIBLI.COM


Abstrak

Internet saat ini sudah menjadi bagian hidup manusia yang sulit untuk dipisahkan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan melalui internet, salah satunya adalah berbelanja.  Berbelanja online menjadi pilihan yang tepat  bagi mereka yang memiliki kesibukan yang cukup padat, karena belanja online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, cukup dengan memilih barang kemudian melakukan pembayaran maka barang yang sudah di pesan akan di antar kerumah. Kesempatan inilah yang menjadikan banyak pengusaha memanfaatkan toko online sebagai sarana untuk memasarkan produk-produk mereka. Namun belanja online tidak selalu aman, tidak sedikit pula konsumen yang tertipu saat belanja online, hal ini yang menimbulkan kekhawatiran para konsumen. Maka dari itu kita sebagai konsumen harus pintar dalam memilih toko online. toko online yang kita pilih harus menjanjikan kemanan serta kenyamanan berbelanja, seperti metode pembayaran yang aman, metode pengiriman, serta garansi pada barang yang di beli agar saat bertransaksi kita sebagai konsumen tidak dirugikan. Hasil dari penelitian ini yaitu banyak sekali toko online yang ada di Indonesia tetapi kita sebagai konsumen harus teliti dan bijak dalam memilih toko online, karena tidak semua toko online menawarkan kemanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Internet today has become part of human life that are difficult to separate. Many activities can be done over the internet, one of which is shopping. Shopping online is the right choice for those who have busy dense enough, because online shopping can be done anywhere and at any time,simply by selecting the item and then make a payment, the goods are already order will be sent to home. Opportunity is what makes many entrepreneurs take advantage of the online stores as a means to market their products. But online shopping is not always safe, not a few consumers are cheated when shopping online, this is the cause of concern for consumers. Therefore we as consumers should be smart in choosing the online store. online store which we choose to be a promising safety and convenience of shopping, such as a secure payment method, method of delivery, as well as the warranty on the items in the purchase order transactions when we as consumers are not harmed. The results of this study are a lot of online stores that exist in Indonesia, but we as consumers should be careful and wise in choosing the online store, because not all online shops offering security and comfort in the transaction.

Kata Kunci :internet, toko online, transaksi.



Pendahuluan
Situs web adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, yang sering disertai dengan gambar, video, atau berkas lainya. Web di masa sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk memasarkan sebuah produk atau sering disebut juga dengan online shop . situs online shop biasanya memuat banyak informasi tentang produk yang dipasarkan. Seperti gambar produk, spesifikasi produk, dan harga. Kita bisa bebas memilih produk yang akan di beli sesuai keinginan. Konsumen juga dimudahkan saat melakukan transaksi. Konsumen cukup melakukan pembayaran kemudian mengkonfirmasinya, setelah itu kita cukup menunggu barang yang di beli diantar kerumah. kemudahan dalam mencari barang dan bertransaksi menjadikan belanja online sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak untuk pergi ke mall dan membeli barang yang mereka cari. Namun dalam hal ini perlu diperhatikan tidak semua situs web atau toko online mengedepankan keamanan saat bertransaksi. Tidak sedikit para konsumen yang pernah tertipu saat bertransaksi di sebuah toko online karena ketidaktahuan mereka tentang kredibilitas toko online yang mereka kunjungi. Hal ini membuat merendahnya minat pembeli untuk melakukan belanja secara online. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan memberlakukan sistem pembayaran dengan berbagai metode yang aman,  yaitu dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System. Selain itu toko online juga memberikan garansi apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan, adapula yang memberi jaminan uang kembali apabila terjadi kesalahan dalam proses transaksi.
Tinjauan Pustaka
1)       Definisi Toko Online
Toko online merupakan proses pembelian, penjualan, atau pertukaran barang, jasa dan informasi melalui jaringan computer termasuk internet. Sedangkan definisi toko online jika di lihat dari suku katanya yaitu terdiri 2 kata “toko” dan kata “online”. Menurut wikipedia bahwa toko adalah Sebuah tempat tertutup yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang yang khusus, misalnya toko buku, toko buah, dan sebagainya.Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah toko berarti sebuah tempat permanen untuk menjual barang-barang (baju, makanan dan sebagainya). Sedangkan dalam dunia IT mendefinisikan online sebagai terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Selain itu bisa juga menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online artinya dalam jaringan atau disingkat daring.Jadi jika di gabungkan, toko online diartikan sebagai sebuah tempat yang menjual barang dan jasa melalui media Internet. Melalui penjualan lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia beli melalui web yang dipromosikan oleh penjual. [1]
2)       Sejarah Toko Online
Pertama kali bermula pada tahun 1990 Tim Berners-Lee menciptakan browser web World Wide Web yang mengubah jaringan telekomunikasi akademik menjadi sistem komunikasi untuk semua orang setiap hari secara mengglobal yang dikenal dengan nama Internet. Pada awalnya penggunaan Internet  bertujuan komersial dilarang dengan keras. Ini dikarenakan adanya larangan commercial network traffic oleh National Science  Foundatinss (NSFNET) yang merupakan backbone Internet . Tahun 1991 NSF menghapus larangan untuk tujuan komersial dan saat itulah membuka jalan bagi electronic commerce (e-commerce).
Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabum atau D-net sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mall online yang disebut D-Mall ini telah menampung sekitar 33 toko online. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, ada pula E-Commerce Indonesia yang merupakan tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti etalase toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Ada juga Commerce Net Indonesia sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia yang menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet.[2]
3)       Macam-Macam situs web
Terdapat 2 macam situs web yaitu :
a.       Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun  pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual.
b.       Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu.
Tidak seperti halnya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umumnya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya  berbeda dengan situs web statis, berkas- berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas- berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin  penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh  pengguna.[2]
Adapun Kriteria Desain Web yang baik yaitu:
a.       Waktu Loading yang cepat. 
b.       Tidak memiliki halaman antara halaman.
c.        Tidak memuat file multimedia yang terlalu banyak.
d.       Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas.
e.        Memiliki desain dengan struktur yang tepat dan mudah dimengerti.

Metode Penelitian
Review dan Analisa toko online yang kami bahas yaitu blibli.com berupa :
1)       Berdasarkan Analisa Home pada web, toko online ini merupakan situs mengenai penjualan berbagai macam  produk secara online. Ada 11 kategori produk yang bisa dipilih yaitu Handphone & tablet, kamera, komputer & laptop, peralatan elektronik, fashion pria, fashion wanita, kesehatan & kecantikan, ibu & anak, hobi & olahraga, otomotif, dan kuliner.
2)       Berdasarkan Analisa desain web, desain web blibli.com cukup simple. Pembeli dapat mencari barang yang diinginkan sesuai kategori yang di sediakan. Selain itu pembeli juga dapat dengan mudah mencari barang yang mereka cari dengan menulisnya di kotak pencarian yang tersedia. Warna biru dan putih mendominasi tampilan web. Komponen yang ada di situs ini juga terbilang cukup lengkap dan tata letaknya rapi. Walaupun terdapat beberapa komponen yang ukuranya cukup kecil yang menyebabkan tidak begitu jelas dilihat oleh pengunjung.

Gambar 1. Tampilan Utama
3)       Berdasrakan Analisa Koneksi internet, blibli.com adalah sebuah situs web yang dapat dibuka di segala platform baik media komputer maupun smartphone. Pada saat membuka situs ini loadingnya cukup cepat sehingga pengguna tidak menunggu lama sampai situs terbuka seluruhnya. Namun itu kembali lagi kepada kecepatan jaringan yang kita gunakan.
4)       Berdasarkan kelengkapan fitur, fitur yang disediakan blibli.com cukup banyak, berikut adalah fitur pada blibli.com yang dapat memudahkan pengunjung
a.       Kategori adalah fitur untuk memudahkan pengunjug mencari barang yang diinginkan sesuai kategori barang tersebut, misal : mencari pakaian pria di kategori fashion pria.
Gambar 2. Daftar Kategori
b.       Search adalah fitur unuk membatu pengunjung mencari barang yang diinginkan dengan mengetik nama produk yang dicari. 
Gambar 3. Tampilan Kotak Pencarian
c.        Produk Terlaris, menampilkan berbagai produk yang terlaris di web tersebut. Selain menampilkan gambar produk pada kolom juga menampilkan spesifikasi singkat serta harga produk.
Gambar 4. Tampilan Produk Terlaris
d.       Produk terbaru, menampilkan berbagai produk terbaru yang ditawarkan blibli.com. sama seperti kolom produk terlaris, di klom ini juga menampilkan gambar produk, spesifikasi singkat serta harga produk.
Gambar 5. Tampilan Produk Terbaru
e.        Brand Pilihan, pelanggan dapat mencari produk dari brand tertentu yang terdapat di dalam web ini.
Gambar 6. Tampilan Brand Pilihan
5)       Layanan Pelanggan, Berbagai layanan disediakan pihak blibli.com untuk membantu dan memudahkan para pelanggannya. Berikut Layana yang ditawarkan blibli.com
a.       Costumers service, pengguna dapat menghubungi customer service melalui telepon, live chat atau email untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.
        Gambar 7. Tampilan Layanan Pelanggan
b.       Cek status pemesanan, Layanan ini untuk membantu konsumen mengetahui status barang yang telah dipesan.
Gambar 8. Tampilan Cek Status
c.        Pannduan blibli.com, ini salah satu layanan penting dalam situs ini. Pengguna dapat mengetahui segala informasi dan panduan berbelanja di blibli.com serta mendapatkan jawaban dari pertanyaan umum yang sering dipertanyakan pengunjung pemula.
Gambar 9. Menu Tampilan Panduan
Gambar 10. Pilihan Panduan
d.       Cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit, ini salh satu keistimewaan berbelanja di blibli.com. biasanya ketika kita berbelanja menggunakan kartu kredit kita akan dikenakan bunga cicilan, tetapi tidak ketika kita berbelanja di blibli.com dengan ketentuan cicilan 0% untuk tenor 6 dan 12 bulan dengan syarat minimum pembelanjaan Rp500.000.
e.        Gratis biaya pengiriman ke seluruh indonesia, Blibli.com menyediakan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia dengan ketentuan berikut ini:
·         Berlaku untuk metode pengiriman dengan JNE dan NCS.
·         Layanan gratis pengiriman tidak berlaku untuk produk-produk di kategori Vacuum Cleaner, Dispenser, Oven, Microwave, Kompor, TV LCD, TV LED, TV Plasma, Home Theater Box, Printer, Scanner & Fax, Gitar & Aksesoris, Bass & Aksesoris, dan Sepeda.
·         Layanan gratis pengiriman untuk produk car seat dan kereta dorong bayi hanya berlaku di area JABODETABEK.
·         Khusus metode pengiriman dengan NCS, layanan gratis pengiriman juga tidak berlaku untuk kategori produk: TV UHD, TV CRT, Proyektor, Peralatan Golf, Lampu Depan Mobil, Lampu Belakang Mobil, Aksesoris Lampu Mobil, Bohlam Mobil, dan Mainan Remote Control.
·         Layanan gratis pengiriman untuk produk kategori Snack Bayi, Susu Formula Anti Alergi, Susu Formula, Multivitamin & Suplemen, Sereal, Makanan Bayi, Nutrisi Ibu Hamil & Menyusui, Popok Kain, Popok Sekali Pakai, Tissue Basah, Deterjen Khusus Bayi, dan Kebersihan Bayi hanya berlaku untuk pembelanjaan di atas Rp 200.000.
f.        Pengembalian produk, blibli.com menjamin barang yang dipesan sampai dengan selamat kepada pemesan. Apabila terjadi kesalahan atau kerusakan pihak penerima berhak mengajukan klaim kepada pihak bliblicom.
g.        Promo, Pihak blibli.com memiliki promo-promo yang dapat diikuti oleh setiap pelanggannya. Misalnya potongan harga untuk beberapa item/produk tertentu.
6)       Berdasarkan Analisa Pemasaran, pemasaran blibli.com melalui twitter, facebook, google+, instagram, dan youtube. blibli.com menggunakan media tersebut untuk mempromosikan produk dan promo.
7)       Berdasarkan Analisa transaksi
a.       Metode pembayaran blibli.com bisa dengan internet banking, kartu debit/ kredit, transfer ke virtual account, maupun uang elektronik, tetapi untuk saat ini blibli.com blum menerima pembayaran dengan cash on delivery (COD) . Pembayaran dapat dilakukan dalam kurun waktu 1x24 jam, lebih dari itu maka transaksi akan dibatakan secara otomatis. berikut ini metode dan bank yang bekerja sama dengan blibli.com :
Internet Banking
·            BCA KlikPay
·            KlikBCA
·            e-Pay BRI
·            CIMB Clicks
·            Mandiri Clickpay

      Kartu Debit/Kredit

Uang Elektronik
·         XL tunai
·         Sakuku

Transfer Tunai
·         Mandiri
·         BCA

Hasil dan Pembahasan

Blibli.com merupakan toko online yang menyediakan berbagai macam produk, mulai dari barang elektronik, pakaian, sampai kuliner. Pembeli bisa bebas memilih barang yang ada  berdasarkan kategori barang yang ada, pembeli juga dapat melihat spesifikasi dan harga barang sebelum membeli.

Dari segi tampilan, Pembeli disuguhkan tampilan yang mudah untuk di pahami mulai dari melihat barang, mencari barang, sampai memesan barang. Proses-proses tersebut dapat dengan mudah dilakukan oleh pengunjung. blibli.com memiliki tampilan yang cukup baik dengan tata letak komponen yang rapi dan posisi yang tepat serta mudah terlihat, selain itu dengan pemilihan warna yang sejuk dipandang membuat mata tidak cepat lelah.

Layanan yang disediakanpun cukup lengkap dan sangat memanjakan pengunjung. Mulai dari kemudahan bertransaksi, jaminan kemanan bertransaksi, sampai garansi untuk setiap barang yang dibeli.

Untuk proses pembayaran konsumen sangat dimudahkan dengan adanya berbagai metode pembayaran yang ditawarkan blibli.com, pembeli bisa membayar dengan kartu kredit/debit, internet banking, maupun uang elektronik, selain itu juga pembeli bisa transfer tunai ke rekening blibli.com. Namun untuk Transfer Tunai hanya bisa dilakukan ke rekening BCA dan Mandiri. Pembayaran.   belanja di blibli.com bisa dikatakan sangat aman dan terjamin, karena bekerjasama dengan mitra perbankan terpercaya dan semua transaksi dijamin kemanannya dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System. 

Metode pengiriman yang ditawarkanpun cukup beragam, yaitu JNE, NCS, dan RPX. Sehingga anda tidak perlu khawatir barang yang anda pesan tidak sampai kepada anda.
Jika anda  pengguna media sosia seperti twitter maupun facebook toko online ini pun  juga menyediakan link twitter, facebook ,google+, instagram, dan youtube. sehingga anda juga dapat mengikutinya melalui media sosial tanpa harus langsung membuka websitenya.
Namun untuk saat ini blibli.com tidak membuka toko offline. Jadi pembelian hanya dapat dilakukan melalui website blibli.com.

Kesimpulan dan Saran
Dari Penelitian yang telah dilakukan, kami menyimpulkan bahwa :
1.       Blibli.com merupakan salah satu toko online yang terlengkap dengan berbagai macam produk serta brand yang ditawarkan.
2.       Tampilan web dari blibli.com cukup baik dengan tata letak serta pemilihan warna yang pas. Sehingga pe
3.       Layanan dan fitur blibli.com tidak kalah lengkap dengan situs toko online lainya, sebut saja kotak pencarian, kategori, hingga produk terbaru. Blibli.com juga menyediakan layanan custumers service yang lengkap.
4.       Metode pembayaran blbli.com telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign yang merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia.
5.       Metode pengiriman menggunakan JNE, NCS, dan RPX.
6.       Blibli.com memberikan gratis ongkos pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi untuk setiap produk yang terjual. Apabila produk yang di terima tidak sesuai dengan yang dipesan, barang tersebut dapat di kembalikan dan ditukar.
Blibli.com memberikan metode pembayaran yang lengkap, akan tetapi sebaiknya untuk metode pembayaran via transfer tunai blibli.com dapat bekerjasama dengan beberapa bank besar lain, karena untuk saat ini transfer tunai hanya dapat dilakukan ke Mandiri atau BCA. Dan alangkah baiknya blibli.com mencoba untuk membuka toko offline, sehingga pembeli dapat melihat barang secara langsung.
[1].    Firmansyah,Agung. 29 Maret 2015, PENGEMBANGAN ALTERNATIF MODEL E-PAYMENT B2C (BUSINESS TO CONSUMER) UNTUK MASYARAKAT INDONESIA, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/122379-SP-137-Pengembangan%20alternatif-Literatur.pdf.
[2].    Nurfian, Wahyu., Try Suryanto, 2014, MAKALAH REVIEW DAN ANALISA TOKO ONLINE MYTOKOSEPATUONLINE.COM, Penelitian deskriptif, STMIK AMIKOM PURWOKERTO, Purwokerto.
[3].    Fuad, Evans. 29 Maret 2015, Perancangan E-commerce pada toko online mainan bocah Yogyakarta,http://journal.amikom.ac.id/index.php/TI/article/download/5075/2765.

Biodata Penulis


 
Sigit Bahtiar Aji Saputra, merupakan mahasiswa, Program Studi Sistem Informasi STMIK AMIKOM Purwokerto, angkatan tahun 2013. Lahir di Banyumas 21 Mei 1995.



Photo

 
Damar Peto Alam Pratama merupakan mahasiswa, Program Studi Sistem Informasi STMIK AMIKOM Purwokerto, angkatan tahun 2013. Lahir di Banyumas 23 Mei 1995.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar