Jumat, 13 November 2015

PEMBUATAN GAME “THE SECRET QUESTIONS IN THE MAZE” UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SD KELAS V MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

A.    Latar Belakang Masalah
Multimedia merupakan media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, dan video) untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton. Dewasa ini teknologi multimedia semakin banyak diaplikasikan, antara lain untuk sistem pembelajaran, company profile, web desain, perancangan game 2D, modeling dan lain sebagainya.
Berdasarkan pengertian tersebut, peneliti tertarik untuk membuat suatu media pembelajaran bahasa inggris berbasis multimedia yang diaplikasikan menjadi game 2D menggunakan software macromedia flash 8. Game ini bernama “The Secret Questions In The Maze” atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai permainan dengan pertanyaan-pertanyaan rahasia didalam labirin.
Dunia pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui dunia pendidikan diharapkan dapat tercipta manusia dengan pemikiran yang berkualitas, karena hanya manusia yang berkualitas yang nantinya akan mampu menghadapi persaingan. Oleh karena itulah masalah pendidikan harus diperhatikan demi meningkatkan kecerdasan bangsa.
Sekolah Dasar (SD) adalah salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi untuk menciptakan sumber daya manusia dengan  cara pengenalan dasar dalam berbagai bidang mata pelajaran. Faktor penting dalam pembelajaran adalah bagaimana membuat suasana belajar menjadi menarik dan mudah dimengerti, khususnya pelajaran bahasa inggris yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang tinggi.
Tujuan dari pembuatan game yang merupakan perkembangan dari game labirin ini adalah sebagai sarana edukasi untuk memberikan kesadaran akan pentingnya media hiburan yang mendidik. Jika pelajaran diberikan secara serius dengan materi-materi yang berat tentunya akan membuat para siswa bosan dan kehilangan konsentrasi dalam belajar. Hal ini yang mengakibatkan pentingnya hiburan dalam pembelajaran karena sesuatu yang menghibur akan membuat pelajaran menyenangkan dan yang terlihat berat akan menjadi lebih ringan.
Walaupun telah banyak game lain yang beredar dalam dunia komputer baik online maupun offline atau game serupa yang berbasic labirin, namun game ini dirancang sebagai media pembelajaran, karena belum begitu banyak jenis permainan yang bersifat mendidik bagi anak-anak.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro V, Kab. Magelang masih menggunakan buku dan guru menerangkan didepan kelas, sedangkan permainan merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak, maka game ini dirancang agar siswa dapat bermain sekaligus belajar dengan lebih antusias.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan masalah dalam penelitian ini, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
Bagaimanakah cara membuat game “The Secret Questions In The Maze” atau permainan labirin berisi materi dan soal sebagai aplikasi pembelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas V SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang dengan menggunakan software macromedia flash 8.
C.    Batasan Masalah
Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka batasan masalah ditujukan pada pembahasan mengenai pembuatan game “The Secret Questions In The Maze”.
1.            Menggunakan software macromedia flash  8.
2.            Materi dan soal bahasa inggris yang digunakan hanya mengacu pada materi kelas V SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang.
D.    Tujuan Penelitian
Penelitian bertujuan untuk menegaskan dalam merancang suatu aplikasi media pembelajaran berupa game labirin yang berisi pertanyaan seputar materi bahasa inggris SD kelas V dengan menggunakan software macromedia flash 8 yang akan diterapkan di SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang.
Hasilnya diharapkan agar siswa SD kelas V dapat lebih antusias dan mudah dalam mengerti pelajaran bahasa inggris.

E.     Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah:
1.      Bagi penulis
Belajar menerapkan ilmu yang diperoleh untuk dipraktekkan dalam dunia nyata dengan membangun suatu sistem aplikasi multimedia berupa game dengan pertanyaan-pertanyaan bahasa inggris menggunakan software macromedia flash 8
2.      Bagi Siswa Kelas V SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang
Para siswa dapat belajar sekaligus bermain tanpa didampingi oleh guru. Aplikasi yang diciptakan merupakan salah satu metode yang menarik untuk para siswa, karena melibatkan unsur permainan dalam pembelajaran, yang pada dasarnya permaianan adalah hal yang disukai oleh anak-anak.
3.      Bagi Masyarakat
Perwujudan pengabdian lembaga kepada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan.


2 komentar:

  1. Casinos Near Me: The 5 Best Casinos Near Me: The 5 Best Casinos Near Me
    Harrah's 안동 출장마사지 Cherokee Casino Resort 고양 출장마사지 has the largest gaming floor 여주 출장안마 in the 시흥 출장마사지 state. It also has over 2000 slot machines and has over 1,200 춘천 출장안마 table games. Harrah's Cherokee

    BalasHapus