A. Latar Belakang
Masalah
Multimedia merupakan media
yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses informasi
(seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, dan video) untuk menginformasikan
dan menghibur pengguna atau penonton. Dewasa ini teknologi multimedia semakin banyak
diaplikasikan, antara lain untuk sistem pembelajaran, company profile, web
desain, perancangan game 2D, modeling dan lain sebagainya.
Berdasarkan pengertian tersebut,
peneliti tertarik untuk membuat suatu media pembelajaran bahasa inggris
berbasis multimedia yang diaplikasikan menjadi game 2D menggunakan software
macromedia flash 8. Game ini bernama “The Secret Questions In The Maze” atau
dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai permainan dengan pertanyaan-pertanyaan
rahasia didalam labirin.
Dunia pendidikan merupakan sarana
penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui dunia
pendidikan diharapkan dapat tercipta manusia dengan pemikiran yang berkualitas,
karena hanya manusia yang berkualitas yang nantinya akan mampu menghadapi persaingan.
Oleh karena itulah masalah pendidikan harus diperhatikan demi meningkatkan
kecerdasan bangsa.
Sekolah Dasar (SD) adalah salah
satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi untuk menciptakan sumber daya
manusia dengan cara pengenalan dasar dalam berbagai bidang mata
pelajaran. Faktor penting dalam pembelajaran adalah bagaimana membuat suasana
belajar menjadi menarik dan mudah dimengerti, khususnya pelajaran bahasa
inggris yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang tinggi.
Tujuan dari pembuatan game yang
merupakan perkembangan dari game labirin ini adalah sebagai sarana edukasi
untuk memberikan kesadaran akan pentingnya media hiburan yang mendidik. Jika
pelajaran diberikan secara serius dengan materi-materi yang berat tentunya akan
membuat para siswa bosan dan kehilangan konsentrasi dalam belajar. Hal ini yang
mengakibatkan pentingnya hiburan dalam pembelajaran karena sesuatu yang
menghibur akan membuat pelajaran menyenangkan dan yang terlihat berat akan
menjadi lebih ringan.
Walaupun telah banyak game lain
yang beredar dalam dunia komputer baik online maupun offline atau game serupa
yang berbasic labirin, namun game ini dirancang sebagai media pembelajaran,
karena belum begitu banyak jenis permainan yang bersifat mendidik bagi
anak-anak.
Metode yang digunakan dalam
pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro V, Kab. Magelang masih
menggunakan buku dan guru menerangkan didepan kelas, sedangkan permainan
merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak, maka game ini dirancang agar
siswa dapat bermain sekaligus belajar dengan lebih antusias.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan masalah dalam
penelitian ini, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
Bagaimanakah cara membuat game
“The Secret Questions In The Maze” atau permainan labirin berisi materi dan soal
sebagai aplikasi pembelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas V SDN Kalinegoro
V, Kab. Magelang dengan menggunakan software macromedia flash 8.
C. Batasan Masalah
Berdasarkan perumusan masalah
tersebut, maka batasan masalah ditujukan pada pembahasan mengenai pembuatan
game “The Secret Questions In The Maze”.
1. Menggunakan software
macromedia flash 8.
2.
Materi dan soal bahasa inggris yang digunakan hanya
mengacu pada materi kelas V SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang.
D. Tujuan Penelitian
Penelitian bertujuan untuk
menegaskan dalam merancang suatu aplikasi media pembelajaran berupa game
labirin yang berisi pertanyaan seputar materi bahasa inggris SD kelas V dengan
menggunakan software macromedia flash 8 yang akan diterapkan di SDN Kalinegoro
V, Kab. Magelang.
Hasilnya diharapkan agar siswa SD
kelas V dapat lebih antusias dan mudah dalam mengerti pelajaran bahasa inggris.
E. Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diberikan dari
hasil penelitian ini adalah:
1. Bagi penulis
Belajar menerapkan ilmu yang
diperoleh untuk dipraktekkan dalam dunia nyata dengan membangun suatu sistem
aplikasi multimedia berupa game dengan pertanyaan-pertanyaan bahasa inggris
menggunakan software macromedia flash 8
2. Bagi Siswa Kelas V
SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang
Para siswa dapat belajar
sekaligus bermain tanpa didampingi oleh guru. Aplikasi yang diciptakan
merupakan salah satu metode yang menarik untuk para siswa, karena melibatkan
unsur permainan dalam pembelajaran, yang pada dasarnya permaianan adalah hal
yang disukai oleh anak-anak.
3. Bagi Masyarakat
Perwujudan pengabdian lembaga
kepada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan.
Lanjutannya gaada ya??
BalasHapusCasinos Near Me: The 5 Best Casinos Near Me: The 5 Best Casinos Near Me
BalasHapusHarrah's 안동 출장마사지 Cherokee Casino Resort 고양 출장마사지 has the largest gaming floor 여주 출장안마 in the 시흥 출장마사지 state. It also has over 2000 slot machines and has over 1,200 춘천 출장안마 table games. Harrah's Cherokee